Membuat boneka dango dari kain fanel


Akhir-akhir ini tugas makin banyak, untuk refreshing iseng-iseng bikin boneka dango yang sempet ngetop ketika anime Clanad ditayangkan :3

Clannad

Dango

Pertama-tama siapkan dulu bahan yang dibutuhkan untuk membuat boneka dango, semua bahan bisa kita kita peroleh di toko jahit terdekat kecuali pola dango, karena kita harus buat sendiri, berikut ini adalah bahannya :

  1. Kain Fanel

    Kain Fanel

    Kain Fanel

  2. Benang, Jarum jahit, Jarum pentul, Lem

    jarum, benang, jarum pentul, lem

    jarum, benang, jarum pentul, lem

  3. Gunting

    Gunting

  4. Dakron

    dakron

    dakron

  5. Pola dango

    pola dango

    pola dango

Sebelum mulai saya akan memberitahu, untuk menjahit boneka dango ini saya menggunakan tusuk hias feston, tapi saya tidak akan menjelaskan caranya, maka dari itu silahkan para pembaca mampir ke [ nupinupi.com ] jago tuh dia ngejahitnya, beda dengan saya yang copo x.x  Malah semacam promosi nih jadinya, enjoy tutorialnya ya, smoga pada bisa😀

Okay langsung aja dengan cara pembuatan boneka dango :3

1. Tempelkan pola dengan jarum pentul pada kain feston, lalu potong mengikuti pola. Setelah terpotong dengan rapi buat menjadi 4 bagian. Kalau yang pola lingkaran cukup 1 saja.

2. Buat wajah dango pada salah satu kain sebelum dijahit. Ingat ya sebelum dijahit. Kita bisa menggunakan fanel yang dibentuk mata lalu dilem sebagai hiasan ataupun jahitan tusuk hias,  Setelah dibuat face wajahnya lalu balik. Tumpuk masing-masing kain fanel menjadi dua pasang, dengan wajah dango ditengah kain fanel, agar tidak bergeser-geser kita bisa menggunakan jarum pentul untuk merekatkan tumpukan kain fanel.

pola dango yang sudah dibuat

pola dango yang sudah dibuat

3. Jahit salah satu pinggiran dari pola dengan tusuk feston, kalau semuanya nanti ga bisa disambung, makanya sebelah aja ya, jangan sampai keterusan. Setelah selesai kita sebut saja yang kiri bagian A yang kanan bagian B.

dijahit

dijahit

4. Setelah kedua pasang masing-masing sudah dijahit satu sisinya mulai rekatkan bagian yang belum dijahit dengan jarum pentul agar tidak bergeser ketika dijahit. Jadi di sini kita akan menyambungkan bagian A dan B :3

sambung bagian A dan B

sambung bagian A dan B

5. Setelah tersambung kita gabungkan bagian yang tadi kita jahit dengan bagian pola bulat, sama seperti tadi kita gunakan jarum pentul untuk merekatkannya. Nah pada bagian ini jangan lupa sisakan satu bagian, karena kita akan membaliknya dan memasukan dakron, jadi jangan sampai keterusan.

sambung dengan lingkaran

sambung dengan lingkaran

6. Balik  pola yang dijahit dan masukan dakron sesuai dengan selera~

masukan dakron

masukan dakron

7. Proses akhirnya jahit lobang yang kita sisakan untuk memasukan dakron dan jeng jeng boneka dangonya sudah jadi😄 selamat mencoba yaa yaa

hasilnya

hasilnya

dango pink  + dango biru

dango pink + dango biru

18 thoughts on “Membuat boneka dango dari kain fanel

  1. Kawai, gan kalo ane pesen bisa nggak nih?? cewek gue nangis2 minta boneka dango daigazoku ini, bisa nggak gan?? thanks a lot🙂

  2. gan… ukuran polanya donk selalu gagal di ukulan pola kagak jadi bukannya bentuknya gtu jadinya bulat gan… gak seperti digambar… emng ad webnya gk gan buat bikin kya gni… gara” ukurannya saja gagal terus jadinya kya bola bukan dango….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s