wbs


WBS adalah suatu metode pengorganisaian proyek menjadi struktur pelaporan hierarakis. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail.hal ini dimaksudkan agar proses perencanaan proyek memiliki tingkat yang lebih baik.

WBS disusun bedasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci, yang disebut sebagai Wok Breakdown Structure.

Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan), alasan perlunya WBS adalah :

  •  Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
  • WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

ManfaatWork Breakdown Structure (WBS)

  • Mengurangi kompleksitas
  • Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
  • Estimasi Biaya (Cost Estimation)
  • Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
  • Perencanaan manajemen Risiko
  • (Risk Management Planning)
  • Identifikasi aktivitas(Activity Definition)

struktur WBS ku

 

Dapat dilihat dari gambar di atas, terdapat 3 level.

Level 1 “The Project” menjelaskan tentang  apa yang kita rancang dan merupakan judulnya. Dalam penulisan ilmuah saya “The Project” adalah pembuatan Media Pembelajaran Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia Menggunakan Adobe Flash CS5.

Pada level 2 terdapat 3 komponen yaitu : Service, Hardware dan Software

  • Service  atau Pelayanan menjelaskan bentuk pelayanan apa saja yang diberikan dari media pembelajaran ini. Dari pelayanan ini pengguna dapat mendapatkan informasi yang diberikan oleh media pembelajaran ini mengenai kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia .
  • Hardware menjelaskan Perangkat keras apa saja yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini. Penggunaan hardware tentunya sangat penting untuk mendukung dalam pembuatan aplikasi ini.
  • Software menjelaskan Perangkat lunak apa saja yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran . Software dalam pembuatan media pembelajaran ini juga harus dapat memenuhi kriteria dari tujuan dibuatnya aplikasi ini.

 

di bawan ini merupakan gambar WBS penulisan ilmiah saya

WBS1

 

sumber : sitompulke17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s