Telematika


Oke sesuai dengan judul di atas kita akan membahas tentang telematika.

 Telematika itu apa sih ?

untuk orang-orang awam setiap mendengar telematika pasti langsung teringat para pakar telematika yang tersohor di negeri kita ini ( tidak sebut nama deh :p ) dan kasus-kasus heboh para orang yang terkenal baik artis, politisi dan yang terkenal lainnya ( ini juga tidak sebut nama :p).

Saya juga sampai sekarang bingung sebenarnya telematika apa *ditabok pak dosen* , dari hasil ber googling ria di internet saya memperoleh informasi kalau informatika pertama kali adalah gabungan dari “Telekomunikasi” dan “Informatika”, namun seiring dengan perkembangan jaman Telekomunikasi menjadi gabungan dari “ Telekomunikasi”, “Multimedia” dan “Informatika”.

Nah ini penjelasan dari Telekomunikasi, Informatika dan Multimedia

Pengertian Telekomunikasi adalah teknik pengiriman pesan, dari suatu tempat ke tempat lain, dan biasanya berlangsung secara dua arah. ‘Telekomunikasi’ mencakup semua bentuk komunikasi jarak jauh, termasuk radio, telegraf/ telex, televisi, telepon, fax, dan komunikasi data melalui jaringan komputer.

Pengertian Informatika mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Pengertian Multimedia adalah penggabungan berbagai media (teks, suara, gambar, animasi dan video) dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sebagai alat penyampai pesan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Telematika merupakan :

  • konvergensi antara teknologi Telekomunikasi , Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem  digital.
  • Telematika juga merupakan sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.
  • Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
  • Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).

 

Peran Telematika

Telematika di Indonesia memiliki tiga peran pokok, yaitu :

  • Mengoptimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.
  • Meningkatkan Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
  • Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.

 

Peran Telematika pada bidang pendidikan

Menurut Miarso (2004) terdapat sejumlah pilihan alternatif pemanfaatan di bidang pendidikan, yaitu :

  • Perpustakaan Elektronik, Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
  • Surat Elektronik (email), Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email.
  • Ensiklopedia, Sebagian perusahan yang menjajakan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan gambar, dan bahkan gerakan. Dan data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.
  • Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis (digital), Dengan adanya sistem ini maka keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil dapat teratasi. Bagi para guru SD yang mengikuti penyetaraan D2, sarana untuk mengakses program ini tdk menjadi masalah karena mereka dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki kantor pos yang menyediakan jasa internet.
  • Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System, Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di Indonesia. Pada gilirannya jaringan ini diharapkan dapat menjangkau serta dapat memobilisasikan potensi masyarakat yang lain, termasuk dalam usaha, dalam rangka pembangunan serta kelangsungan kehidupan ekonomi di Indonesia, baik yang bersifat pendidikan formal maupun nonformal dalam suatu “cyber system”.
  • Pengelolaan Sistem Informasi, Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau CD ROM, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah  dikomunikasikan. Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik, informasi ini sifatnya lebih dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir) dapat dikelola dalam suatu sistem.
  • Video Teleconference, Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.

Tentunya Telematika ini mempunyai dampak positif dan negatif

Manfaat telematika :

  • Sebagai media penyampai Informasi. Informasi sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, dengan adanya telekomunikasi masyarakat akan lebih mudah memperoleh informasi yang mereka inginkan karena media untuk menyampaikan informasi banyak seperti televisi, radio, telepon, internet, pager, fax, telegraf dll. Dengan ini tentunya kita akan lebih mudah memperoleh ilmu pengetahuan tanpa harus datang ke  perpustakaan bahkan banyak orang yang berbagi resep atau trik dan tips untuk melakukan banyak hal di internet atau acara televisi.
  • Sebagai sarana kontak sosial masyarakat, dengan adanya telekomunikasi masyarakat dapat lebih mudah berkomunikasi dengan sesama, dan tentunya jarak sudah tidak menjadi masalah dalam berkomunikasi sehingga masyarakat dapat lebih mudah melakukan aktifitas sosial. Hal ini menyebabkan biaya lebih murah, kita tidak perlu pergi ke luar pulau hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga karena sudah ada telefon, hp dan internet.
  • Membantu kegiatan bisnis, dengan adanya telematika masalah waktu dan jarak dalam dunia bisnis sudah bisa teratasi. Kita perlu pergi ke Singapura untuk rapat, dan  bisa berdagang melalui koran, televisi, radio dan internet. Pembayarannya juga mudah kita bisa melakukan transfer dan barang dikirim tanpa mesti bertemu dahulu.

Kekurangan Telematika

  • Banyak terjadi tindak kejahatan di internet, bisa berupa virus, pencurian data, pembobolan suatu sistem perusahaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab
  • Masyarakat terlalu dimanjakan oleh informasi yang mudah di dapat sehingga menjadi malas, dan pada mahasiswa dan siswa terkadang mengerjakan tugas selalu “copas” copy paste dari google dan melakukan aksi curang seperti sms, bbm, chat bahkan googling saat ujian.

Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika bisa berupa :

  • internet
  • televisi
  • radio
  • handphone
  • telepon
  • video conference

Perkembangan Telematika sebelum dan sesudah internet muncul

Sebelum ada internet media untuk telematika hanya berupa radio, pager, televisi, telegraf, dan telepon. Untuk berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih sulit, karena biaya mahal, bahkan untuk mengirim surat butuh waktu yang cukup lama. Setelah muncul internet untuk melakukan komunikasi menjadi lebih mudah, mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah. Setelah ada internet berkomunikasi bisa lebih cepat dan lebih murah, kita tidak perlu membayar tarif telepon internasional yang mahal bahkan bisa melakukan chatting dan video call. Mengirim surat juga bisa sampai sangat cepat dengan menggunakan email.

sumber :

Siraith, m-edukasi,  karmila.staff.gunadarma, warta warga

2 thoughts on “Telematika

  1. Pingback: Agi Destari 10110274 Tugas Pertemuan 1 Telematika | Agiboyz's Blog

  2. Pingback: Tugas Pertemuan 1 – TELEMATIKA | sastra harefa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s