Tugas Proposal


PENDAHULUAN

 

1.1    Latar Belakang

Saat ini komputer telah menjadi sarana penunjang belajar yang dinamis dan menarik. Dinamis karena bisa diisi dengan rancangan program belajar apa saja yang siap diikuti setiap saat oleh penggunanya. Menarik karena materi program belajar bisa dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian mereka yang akan belajar. Dalam proses belajar-mengajar penggunaan komputer cenderung privat, sehingga membantu mereka yang belajar untuk menjadi lebih terfokus dalam mengikuti pembelajaran. Kelebihan-kelebihan komputer inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana penunjang belajar. Sehingga dengan komputer penyampaian materi-materi pembelajaran bisa menjadi lebih menarik dan dinamis bagi anak-anak.

Sejarah merupakan pelajaran yang membahas apa yang terjadi dimasa lampau seperti kerajaan-kerajaan di Indonesia, zaman penjajahan hingga kemerdekaan Indonesia dan masa-masa setelah kemerdekaan. Sejarah merupakan bagian dari ilmu sosial yang penting untuk dipelajari agar manusia tahu apa yang terjadi dimasa lalu dan bisa menjadi lebih baik dimasa yang akan datang. Sejarah juga sudah diajarkan sejak kelas 4 SD dalam pelajaran IPS. Untuk mengetahui bermacam-macam sejarah yang ada anak-anak harus banyak membaca,  namun materi yang banyak dan penyampaian materi yang monoton membuat sebagian anak-anak merasa bosan dan tidak menyukainya.

Atas dasar itulah dalam penulisan ini diambil salah satu contoh ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sejarah, yaitu ilmu pengetahuan mengenai pengenalan kerajaan-kerajaan hindu di Indonesia. Informasi tersebut akan diolah dan kemudian disajikan melalui komputer dengan tampilan yang sederhana dan menarik, sehingga dapat mudah dimengerti oleh pengguna khususnya anak-anak. Pengolahan informasi tersebut mencakup efek suara, teks, animasi dan gambar yang sebagian besar akan diolah menggunakan Adobe Flash CS5.

1.2    Ruang Lingkup

Dalam penulisan ini, dibatasi untuk pembuatan aplikasi hanya Kerajaan-kerajaan hindu di Indonesia yang mencangkup lokasi kerajaan, nama-nama raja,  tahun kerajaan berdiri, daerah kekuasaan dan sejarah penting pada kerajaan-kerajaan tersebut.

 1.3    Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah membuat program aplikasi pembelajaran sebagai metode belajar alternatif bagi kalangan guru atau orang tua dalam mengajak anak untuk belajar dan mengenal kerajaan hindu di Indonesia dengan menggunakan software Adobe Flash CS5, GIMP dan Audacity .

1.4    Metode Penulisan

Penjelasan  teori-teori yang menunjang penulisan ilmiah ini telah diuraikan dalam pembahasan disusun berdasarkan metode penulisan berikut:

1.4.1        Analisis

Pada tahap ini penulis menganalisis suatu permasalahan yang terkait. Kemudian mencari solusi agar proses belajar-mengajar khususnya sejarah kerajaan-kerajaan hindu di Indonesia lebih mudah dimengerti dan lebih menyenangkan.

1.4.2        Perancangan

Pada tahap ini dilakukan pengumpulan data dan konten yang berhubungan dengan penulisan, membuat rancangan tampilan navigasi dan merancang tampilan aplikasi Flash.

1.4.3        Koding

Pada tahap ini dilakukan pembuatan aplikasi sesuai dengan rancangan dengan menggunakan action script yang ada pada Adobe Flash CS5.

1.4.4        Pengujian

Pada tahap ini melakukan pengujian sistem software  yang telah dibuat, mencari bug atau kesalahan sistem yang terjadi, sehingga dapat mengurangi kesalahan yang terjadi pada sistem.

 1.4.5        Implementasi

Aplikasi yang telah berhasil dibuat akan ditujukan kepada anak-anak SD  kelas 4 sampai kelas 6 atau kalangan umum yang membutuhkan.

1.5    Sistematika Penulisan

Pada bagian ini akan diuraikan gambaran umum dari isi masing-masing bab dari penulisan ilmiah.

BAB I :  Pendahuluan

Bab ini menguraikan latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan  penulisan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II : Landasan Teori

Bab ini merupakan penjelasan tentang landasan teori yang digunakan serta  membahas pengenalan sejarah, Adobe Flash CS5, GIMP, Audacity dan sistem navigasi.

BAB III : Analisis dan Pembahasan

Bab ini merupakan uraian proses pembuatan aplikasi, yang terdiri dari prosedur pembelajaran,, navigasi, perancangan tampilan, langkah-langkah pembuatan animasi, implementasi action script yang digunakan serta spesifikasi hardware dan software.

BAB IV : Penutup

Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari penulis tentang masalah yang dibahas dalam penulisan ilmiah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s