Jenis Karangan


Karangan… setiap inget kata ini selalu keingetan masa-masa sekolah dulu yang sering dapet tugas untuk membuat karangan.. well cukup nostalgianya😛 sekarang saatnya membahas jenis karangan. Jenis karangan terbagi menjadi beberapa bagian, kira-kira pembaca udah pada tau belum yah ? Kalau belum silahkan dibaca tulisan saya ini hihi🙂

Jenis Karangan

Jenis Karangan terbagi menjadi beberapa, yaitu:

1.  Karangan Fiksi dan Nonfiksi

  • Karangan fiksi yaitu karangan yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk roman, novel, dan cerita pendek (cerpen).
  • Karangan nonfiksi yaitu karangfab yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk, tulisan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, makalah dan sebagainya.

2. Karangan Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi

  • Narasi 

Narasi adalah jenis karangan yang bertujuan untuk menceritakan suatu pokok  persoalan. Persoalan atau peristiwa dalam narasi:

  1. Biasanya disampaikan secara kronologis (urut) dan mengandung plot atau rangkaian cerita.
  2. Di dalamnya ada tokoh yang diceritakan, baik manusia maupun bukan manusia.
  • Deskripsi
  1. Bersifat informatif
  2. Tulisan didasarkan atas hasil pengamatan
  3. Pembaca diajak menikmati apa yang telah dinikmati (meniru kesan) penulis.
  4. Susunan peristiwa tidak menjadi pertimbangan utama, yang penting pesan sampai kepada pembaca.
  • Eksposisi

Eksposisi adalah jenis karangan yang bertujuan menerangkan suatu pokok masalah/pikiran yang tepat dan dapat memperluas pengetahuna seseorang/ pembaca. Untuk mempertegas masalah yang disampaikan biasanya dilengkapi oleh data-data kesaksia, seperti gambar, grafik, statistik dan sebagainya. Jika dalam deskripsi kesan subjektif pengarang tampak lebih menonjol, dalam eksposisi tidak.

  • Argumentasi
Argumentasi adalah jenis karangan yang berisi ide/gagasan yang dilengkapi bukti-bukti kesaksian yang dijalin menurut proses penalaran yang krisi dan logis, dengan tujuan mempengaruhi atau menyakinkan pembaca untuk menyatakan persetujuaannya. Jika dalam eksposisi penutup karangan berupa penegasan, dala, argumentasi penutup karangan berupa kesimpulan.
  • Persuasi
Persuasi adalah karangan yang disampaikan dengan cara-cara tertentu, bersifat ringkas, menarik dan memoengaruhi secara kuat kepada pembaca sehingga si pembaca terhanyut oleh siratan isinya.
sumber : buku primagama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s