tugas softskill 2


ok sebenernya udah telat nih, tapi dari pada ga ngerjain sama sekali sekalian banyakin tulisan di blog jadi bikin aja deh :p

1. Coba ukur tentang konsep diri.

          Sebelum kita mengukur tentang konsep diri kita harus tau apa itu konsep diri. Menurut Burns (1993:vi) konsep diri adalah suatu gambaran campuran dari apa yang kita pikirkan orang-orang lain berpendapat, mengenai diri kita, dan seperti apa diri kita yang kita inginkan. Konsep diri merupakan suatu bagian yang penting dalam setiap pembicaraan tentang kepribadian manusia. Konsep diri merupakan sifat yang unik pada manusia, sehingga dapat digunakan untuk membedakan manusia dari makhluk hidup lainnya. Menurut saya konsep diri juga dapat terbentuk dari lingkungan tempat suatu individu bersosialisasi. Karena lingkungan sangat berpengaruh. jika berada di lingkukan yang kebanyakan berisi orang baik maka individu itu bisa menjadi baik dan kebalikannya.

2. Coba anda tanyakan ke teman anda tentang konsep diri anda

-10                                                        10

          Untuk menjawab pertanyaan ini saya saya bertanya kepada 2 orang teman saya. Menurut teman saya yg pertama saya termasuk orang yang sedikit terbuka. Mereka bilang saya jujur, baik ke orang walaupun terkadang agak cuek dan kadang tidak peduli dan menurut teman saya yang kedua saya adalah orang yang keras kepala, terkadang lemot,cerewet baik,sedikit tertutup juga, yang jelas moody . Menurut saya sendiri saya bisa terbuka hanya kepada orang-orang tertentu yang terpecaya. bisa dibilang sedikit tertutup. Saya memang sedikit berkesan tak pedulian tapi sebenernya saya peduli hanya tak bisa mengekspresikannya.  jadi kalau diberi skor mungkin saya hanya dapat skor 3 yah =.=a

3. Apa yang dimaksud dengan motivasi

Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud. Motivasi adalah sebuah energi pendorong yang berasal dari dalam kita sendiri. Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud. Energi pendorong dari dalam agar apapun yang kita inginkan dapat terwujud. Motivasi erat sekali hubungannya dengan keinginan dan ambisi, bila salah satunya tidak ada, motivasi pun tidak akan timbul.

4. Dalam Kepemimpinan ada sifat demokrasi dan okokratis, coba jelaskan!

          Kepemimpinan dibagi ke beberapa jenis, salah satunya menurut gaya kepemimpinannya. Yaitu diantaranya adalah:

  • Gaya Kepemimpinan Otokratis, yaitu gaya kepemimpinan yang menggunakan kekuatan jabatan dan kekuatan pribadi secara otoriter, melakukan sendiri semua perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan dan memotivasi bawahan dengan cara paksaan, sanjungan, kesalahan dan penghargaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Gaya Kepemimpinan Demokratis, yaitu gaya seorang pemimpin yang menghargai karakteristik dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota organisasi. Pemimpin yang demokratis menggunakan kekuatan jabatan dan kekuatan pribadi untuk menggali dan mengolah gagasan bawahan dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan bersama.

5. Apa yang dimaksud dengan teori x dan teori y, bagaimana penerapannya dalam kepemimpinan?

         Konsep teori X dan Y dikemukakan oleh Douglas McGregor dalam buku The Human Side Enterprise di mana para manajer / pemimpin organisasi perusahaan memiliki dua jenis pandangan terhadap para pegawai / karyawan yaitu teori x atau teori y.

  • Teori X, teori ini menyatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk pemalas yang tidak suka bekerja serta senang menghindar dari pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pekerja memiliki ambisi yang kecil untuk  mencapai tujuan perusahaan namun menginginkan balas jasa serta jaminan hidup yang tinggi. Dalam bekerja para pekerja harus terus diawasi, diancam serta diarahkan agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.
  • Teori Y, Teori ini memiliki anggapan bahwa kerja adalah kodrat manusia seperti halnya kegiatan sehari-hari lainnya. Pekerja tidak perlu terlalu diawasi dan diancam secara ketat karena mereka memiliki pengendalian serta pengerahan diri untuk bekerja sesuai tujuan perusahaan. Pekerja memiliki kemampuan kreativitas, imajinasi, kepandaian serta memahami tanggung jawab dan prestasi atas pencapaian tujuan kerja. Pekerja juga tidak harus mengerahkan segala potensi diri yang dimiliki dalam bekerja.

Penerapannya: kedua teori ini memang banyak pengikutnya. Yang mengikuti teori x ya menganggap karyawannya kurang termotivasi dan hanya tingal di suruh-suruh saja. dan harus dipaksa bekerja. Jadi karyawannya dikendalikan oleh perusahaan untuk bergerak. Kalau teori y adalah kebalikannya karyawan tipe y senang dengan melakukan pekerjaan dan mereka bertanggung jawab. Jadi perusahaan tidak perlu memaksa menyuruh-nyuruh mereka.

Referensi : Belajar Psikologi, pengembangandiri.com,winda53,reizamaulana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s