Tim Kerja


Tim kerja

Kelompok kerja adalah kelompok dasar yang berinteraksi untuk berbagi informasi dan mengambil keputusan untuk membantu tiap anggota berkinerja sesuai bidang tanggung jawabnya,Tim kerja adalah kelompok dimana individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar daripada jumlah masukan individu tsb

Tipe-tipe tim

  • Tim pemecah masalah: kelompok 5 sampai 12 karyawan jam-jaman dari satu departemen yang bertemu selam beberapa jam tiap pekan untuk membahas perbaikan kualitas, efisiensi dan lingkungan kerja
  • Tim kerja swa kelola: kelompok 10 sampai 15 orang yang memilkul tanggung jawab mantan penyelia mereka
  • Tim lintas fungsional: tenaga kerja dari tingkat hierarki yang sama, tetapi dari temapt pekerjaan yang berbedaTim virtual: tim yang menggunakan teknologi komputer untuk mangikat para anggota yang secar fisik terpencar untuk mencapai sasaran bersama

Membentuk tim yang efektif

–          Rancangan pekerjaan: tim yang efektif perlu bekerja bersama dan memikul tanggung jawab kolektif untuk               menyelesaikan tugas-tugas yang penting

  • Otonomi
  • Macam-macam keahlian
  • Identitas tugas
  • Kepentingan tugas

–          komposisi berhubungan dengan cara pengisian staf kedalam tim

  • kemampuan
  • personalitas
  • aturan dan diversitas
  • ukuran
  • kefleksibelan
  • kelebih sukaan terhadap kelompok kerja

–          konteks

  • sumber yang memadai
  • kepemimpinan
  • penilaian kinerja dan imbalan

–          proses komitmen anggota terhadap tujuan bersama, penetapan tujuan tim yang spesifik, kehebatan tim,                 tingkat konflik yang dikelola dan minimalisasi kemalasn sosial

Mengalokasi peran dan keragaman

Sembilan potensi peran tim:

  • pencipta, mengajukan ide kreatif
  • promotor (penjelajah), menguasai ide setelah mereka diberi kesempatan
  • penaksir (penilai), memberikan wawasan untuk analisis pilihan
  • pengorganisasian (pendorong), analisis struktur
  • penghasil (penyimpul), menyediakan petunjuk dan melaksanakannya
  • pengontrol (pemeriksa), menguji detail dan menegakkan aturan
  • pemelihara (bertempur dengan pihak luar), perjuanagan pada persaingan eksternal
  • penasihat (pelopor) menganjurkan pencarian lebih banyak infrmasi
  • penghubung (penaut) mengkoordinasikan dan mengintegrasi

membentuk pemain tim

  • seleksi
  • pelatihan
  • imbalan

sumber dari kelompok-dan-tim-kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s