Faktor penting Kerja Tim dan Prinsip Kerja Tim


FAKTOR PENTING KERJA TIM

Dalam sinergi dan kerja sama Tim juga mengandung unsur kerentanan bersama, penciptaan visi dan misi bersama, solusi baru, dan alternatif yang lebih baik, tetapi juga mengandung unsur rasa pertanggung jawaban bersama terhadap norma-norma dan nilai-nilai yang dibentuk dari hubungan sinergi dan kerja sama tim tersebut. Inilah yang meletakan keputusan moral atau etis kedalam budaya kerja tim. Dengan demikian terciptanya nilai moral dan etis tersebut mendorong individu dalam tim untuk menjadi lebih jujur, fair, berbicara dengan lebih terus terang, dan memiliki keberanian untuk bertanggung jawab. Sinergi adalah momen keajaiban dari kerentanan bersama. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi . Anda harus siap dan bersedia menghadapi resiko. Yang jelas buah dan ikatan dari sinergi yang sejati tidak ternilai harganya.

Usaha menghasilkan tim yang bisa berfungsi secara penuh harus melakukan minimal beberapa hal , pertama melakukan pertemuan selayaknya sebuah tim, kedua berkembang sebagai tim, dan ketiga bekerja bahu membahu, keempat menyusun agenda , kelima memecahkan masalah menejemen dan menjalankannya, keenam berpikir sebagai tim, ketujuh memberikan kemudahan dan pemberdayaan individu, kedelapan bagaimana kepercayaan dan penghargaan, terakhir kerja tim adalah arah tujuan. Faktor penting untuk kejayaan dan keberhasilan tim diperlukan karakter individu yang memiliki keyakinan, yang jujur dan memiliki integritas, yang memiliki kematangan, yang penuh tanggung jawab, yang memiliki kesanggupan untuk memulai, gigih dan menyelesaikan, yang memiliki keteguhan hati, Yang rendah hati, yang menggunakan pengaruhnya dengan bijaksana.

PRINSIP KERJA TIM

Guna mendukung hal tersebut diperlukan beberapa prinsip untuk kenyamanan tim yang efektif yaitu : memperoleh bakat terbaik dari masing-masing individu ; mendemonstrasi dan mengembangkan kepemimpinan ; merangsang komitmen tim ; memberi inspirasi keamanan dan antusiasme tim ; membangun sikap tim yang kuat ; memberdayakan individu ; supaya menonjol dilingkungan tim ; menciptakan lingkungan tim atas dasar saling percaya dan saling menghormati ; membangun suatu pondasi karakter tim dan individual ; prilaku yang tidak egois dan rela berkorban ; berpikiran terbuka.

Seperti tentara diajari cara untuk beroperasi dan bekerja sebagai sebuah tim dan cara untuk menyesuaikan diri. Perilaku yang tepat dihargai, sementara perilaku tidak tepat akan dihukum berat. Jadi dengan mengkondisikan mereka agar bergerak, bertindak, dan berperilaku sebagai sebuah tim selama pelatihan, mereka mampu bertindak seperti  juga saat sedang berperang. Pelatihan, disiplin, komunikasi, dan umpan balik yang jelas serta pembatasan, peran yang jelas adalah faktor penting dan diperlukan untuk mencapain sinergi.

Sebenarnya kerjasama tim yang efektif sering kali merupakan hasil dari disiplin yang ditentukan oleh masing-masing anggota tim. Mereka memastikan bahwa tidak hanya perilaku yang diubah, tetapi setiap anggota memiliki sikap yang tepat untuk mempertahankan kebersamaan dan kepentingan kelompok. Jelasnya perlu waktu untuk melatih sebuah tim. Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk melatih sepasukan tentara agar siap berperang. Sama hal nya juga kerjasama tim memerlukan waktu beradaptasi, terampil berkomunikasi,  bergaul, penyesuaian  karakter, membentuk kompetensi, ketegasan, visi dan misi.

KERJA TIM ADALAH ARAH TUJUAN

Masing-masing individu anggota tim harus memainkan atau memerankan secara bersama-sama untuk menjadi :

* Driver dalam mengembangkan gagasan, memberi arah, menemukan hal-hal   baru ;

– Planner    – Menghitung kebutuhan tim, merencanakan strategi kerja, menyusun jadwal ;

– Enaber     –   Ahli memecahkan masalah, mengelola sarana/sumber daya, menyebarkan gagasan,

melakukan negosiasi ;

– Exec       –   Mau bekerja menghasilkan output, mengkoordinir, dan memelihara tim ;

– Controller     -Membuat catatan, mengaudit, dan mengevaluasi kemampuan tim.

Kerjasama tim bukanlah akhir mencapai tujuan, tapi merupakan tujuan itu sendiri. Kerjasama tim adalah tujuan. Bila masing-masing anggota tim mencapai sasaran yang sebenarnya dari kerja tim, maka kemenangan menjadi suatu rasa yang dimiliki bersama, terus sepanjang perjalanan terjalin keutuhan sebuah tim. Diperlukan tim untuk meluncurkan suatu impian, jadi masing-masing anggota tim memiliki kemampuan untuk menghimpun kekuatan tim dan meluncurkan impian tim setinggi langit. Kumpulkan potensi dari masing-masing individu anggota untuk bersama-sama meraih keutamaan, setiap individu untuk meraih keajaiban bersama, setiap individu untuk saling mengasihi lalu saling angkatlah satu sama lain untuk mencapai kebesaran. Menjadi suatu persaudaraan pemenang.

Jadikanlah satu tim yang kokoh,teguh, dan memegang komitmen pada prinsip-prinsip kerja tim menyatu menjadi satu kesatuan tubuh dan semangat. Jadilah kerja tim yang pada dasar, paling sempurna, paling bermakna, paling kuat, tercipta bila kita juga memiliki komitmen, menyatu sebagai satu kesatuan, badan, pikiran, dan semangat jiwa bersenyawa.

sumber baganintheworld

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s