Organisasi, manajer & kepemimpinan


Kali ini saya akan membahas apa yang di sebut dengan organisasi, manajer & Kepemimpinan. Untuk organisasi dan kepemimpinan saya sudah pernah membahas di tulisan sebelumnya, jadi saya hanya akan mengulang kembali dari post sebelumnyaūüôā

Organisasi

Berikut ini beberapa pendapat tentang organisasi.

  • Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama ¬†dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya alat dan wadah saja. (Drs. Malayu S.P Hasibuan).
  • Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.( Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro).
  • Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan anatara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang amana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut atasan dan seseorang /sekelompok oranag yang disebut bawahan. (Prof. Dr. Sondang P. Siagian).
  • Menurut pendapat saya organisasi adalah ¬†kumpulan antara dua orang atau lebih yang memiliki sistem perserikatan formal terstruktur yang berusaha mencapai tujuan bersama. Jika ada dua orang yang sedang bersama dan memiliki tujuan sama, apa itu di sebut organisasi ? menurut saya tidak, karena organisasi itu terstruktur, ada yang menjadi ketua dan ada yang menjadi anggota. Semua bekerja sama untuk mencapai tujuan. Biasanya dalam organisasi juga memiliki peraturan sehingga terciptanya suatu keadaan yang bersifat formal.

Manajer

Pengertian manajer menurut beberapa sumber.

  • Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran.
  • Yang dimaksud dengan manager adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology).
  • Definisi paling umum dari manajer adalah seseorang yang bekerja dengan atau melalui orang lain melalui kegiatan mengkoordinasi berbagai aktifitas pekerjaan dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi.

Dari pengertian di atas kita dapat membuat kesimpulan bahwa manajer itu adalah seseorang yang dapat mengkoodinasikan kegiatan-kegiatan suatu organisasi  untuk mencapai sebuah tujuan organisasi.

Tingkatan Manajer

  • Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah¬†executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh¬†top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
  • Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
  • Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer¬†shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).

Kepemimpinan

 

Beberapa pendapat tentang kepemimpinan

  • F.I. Munson -The Management of Man.¬†Kepemimpinan sebagai kemampuan/kesanggupan untuk menangani atau menggarap orang-orang sedemikian rupa untuk¬†mencapai hasil yang sebesar-besarnya dengan sekecilnya mungkin pergesekan dan sebesar-besarnya¬†(sebesar mungkin) kerja sama.
  • Harold Koontz (1989) Pengaruh, seni,atau proses mempengaruhi orang-orang sehingga mereka akan berusaha mencapai tujuan kelompok dengan kemauan dan antusiasme.
  • P. Pigors ‚ÄúLedearship and Domination‚Ä̬†Kepemimpinan adalah suatu proses saling mendorong yang mengontrol daya manusia dalam mengejar tujuan bersama, melalui interaksi yang berhasil dari perbedaan-perbedaan individual.

Dari pendapat di atas dapat kita simpulkan, kepemimpinan adalah kemampuan untuk menangani dan memotivasi orang-orang dalam mengejar tujuan bersama atau kelompok.

Kepimpinan bersifat dua arah. Di mana kepimpinan bukanlah merupakan apa yang anda lakukan terhadap orang lain, melainkan apa yang anda lakukan bersama orang lain. Dalam tim, kita tidak bekerja sendiri. Masing-masing anggota mengemban tugas masing-masing dan mereka bekerja mandiri namun masih bergantung dan berkesinambungan satu sama lainnya. Dalam tim dibutuhkan kerjasama dan kekompakan yang akan menjadikan tim tersebut kuat dan solid.

Gaya kepemimpinan

  • Otokratis. Kepemimpinan seperti ini menggunakan metode pendekatan kekuasaan dalam mencapai keputusan dan pengembangan strukturnya. Jadi kekuasaanlah yang sangat dominan diterapkan.
  • Demokrasi. Gaya ini ditandai adanya suatu struktur yang pengembangannya menggunakan pendekatan pengambilan keputusan yang kooperatif. Di bawah kepemimpinan demokratis cenderung bermoral tinggi dapat bekerjasama, mengutamakan mutu kerja dan dapat mengarahkan diri sendiri.
  • Gaya kepemimpinan kendali bebas. Pemimpin memberikan kekuasan penuh terhadap bawahan, struktur organisasi bersifat longgar dan pemimpin bersifat pasif.

Trus ada pertanyaan nih : Apakah penting dalam suatu organisasi menurut perencanaan ?

jawabnya : Menurut saya penting. Karena Suatu organisasi itu memerlukan suatu perencanaan. Perencanaan itu adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai 5 w 1 H( what,why, where, when, who,how). Karena organisasi itu memiliki tujuan, nah perencanaan itu sangat penting agar tujuan organisasi dapat terwujud. Klo tidak ada perencanaan maka kita tak akan tau apa yg akan dilakukan? kenapa harus mengerjakan ? di mana kita harus mengerjakan? kapan waktunya? siapa yg mengerjakan? dan bagaimana cara melaksanakannya? Jika tidak ada perencanaan maka kegiatan organisasi pasti berjalan dengan tidak lancar. Untuk menjalankan rencana tentunya dibutuhkan sosok pemimpin yg dapat mengarahkan semua agar sesuai dengan rencana dan dibutuhkan orang-orang yg dapat mengkoordinasikan kegiatan. jadi perencanaan itu penting bagi organisasi.

sumber :belajarmanagement,blog.uin-malang,wikipedia,wartawarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s