Wawancara toko SJR


Pada tanggal 4 Oktober 2010 kami melakukan wawancara kepada sebuah toko yang bernama Sri Jember Rejeki yang biasa disingkat menjadi toko SJR. Pemilik toko ini bernama Bapak Tedi Darmawan. Namun saat diadakan wawancara Bapak Tedi sedang tidak ada di tempat, jadi kami melakukan wawancara dengan karyawan toko tersebut. Karyawan yang kami wawancarai adalah Ibu Edah (karyawan) dan Mbak Winda ( data Entry). Kami menanyakan mulai dari penginputan data sampai kendala-kendala apa saja yang di alami saat penginputan data tersebut.

Dalam penginputan data, toko ini menggunakan program F-Pos System dan Ms.Exel. Untuk memahami program ini tidak memerlukan waktu yang lama, karena Mbak Winda sendiri di training hanya dalam sehari. Hal ini merupakan tuntutan bagi karyawan yang bertugas sebagai data entry, karena menguasai program ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh karyawan yang bertugas sebagai data entry seperti mbak Winda.

Ada kelebihan dan kekurangan dalam program ini. Keuntungannya adalah menghitung data menjadi lebih mudah dan penghitungan datanya lebih akurat sedangkan kekurangannya jika terjadi suatu masalah dalam memasukan data, untuk memperbaikinya akan menyita waktu yg lebih lama dibandingkan memasukan data secara menual di buku.

Penyimpanan Data toko SJR

Untuk melakukan komputerisasi database diperlukan perencanaan yang matang dan dibutuhkan jasa konsultasi ahli IT, jadi ketika ada masalah dengan program bisa langsung bertanya kepada ahlinya. Karena tidak sembarangan orang bisa membuka data yang ada.

Toko ini menyimpan datanya secara komputerisasi. Tapi karena toko ini masih baru menggunakan komputer, jadi tidak semua datanya sudah di input ke dalam komputer, masih ada data barang yang belum memiliki barcode. Jadi pada saat transaksi di kasir untuk beberapa barang yang tidak ada barcode akan hanya akan di input namanya. Laporan penjualan yang akan diserahkan kepadpemiliki toko menggunakan print out yang di kerjakan secara komputerisasi namun masih ada juga yang menggunakabuku yang isinya ditulis manual.

Data toko SJR

  1. Data pribadi karyawan tetap
  2. Data stok barang yang masuk
  3. Data report
  4. Data gaji karyawan
  5. Data harga barang
  6. Data transaksi

Data juga memiliki klasifkasi, yang termasuk klasifikasi data adalah

  • Kelompok data tetap. Yang di maksud kelompok data tetap adalah kelompok data yang tidak mengalami perubahan, paling tidak dalam kurun waktu yang lama.
  • Kelompok data tak tetap. Yang dimaksud kelompok data tak tetap adalah kelompok data yang secara rutin mengalami perubahan.
  • Kelompok data yang bertambah menurut waktu. yang di maksud kelompok data yang bertambah menurut waktu adalah merupakan data akumulasi dari kelompok data tetap dan data tak tetap.

Dilihat dari penjelasan di atas maka kita dapat mengklasifikasikan data yang ada di toko tersebut.

  1. Data Pribadi karyawan tetap di toko ini termasuk ke dalam kelompok data tetap. Karena Data pribadi karyawan tidak mengalami perubahan dalam kurun waktu yang cukup lama. Karena itu data pribadi Karyawan masuk ke dalam kelompok data tetap.
  2. Data pemasukan stok barang di toko ini termasuk ke dalam kelompok data tak tetap. Karena pemasukan stok akan terus terjadi jika stok barang di toko tinggal sedikit atau habis, bisa satu kali sehari atau bisa juga tiga hari sekali. Hal ini rutin terjadi yang mengakibatkan data pemasukan barang selalu mengalami perubahan. Maka data pemasukan stok barang termasuk ke dalam data tak tetap.
  3. Data report termasuk ke dalam data tak tetap. Karena report akan selalu mengalami perubahan.
  4. Data gaji karyawan termasuk ke dalam data tetap. Karenan gaji karyawan sudah ditentukan, mungkin terjadi perubahan tapi dalam kurun waktu yang lama.
  5. Data harga barang termasuk ke dalam kelompok data tak tetap. Karena harga barang akan berubah dalam kurun waktu tertentu.
  6. Data transaksi termasuk ke dalam data yang bertambah menurut waktu. Karena jumlah transaksi dalam suatu took selalu berubah setiap detik ataupun menit dan jam.

Adapun klasifikasi data seperti :

  • Master file File yang berisi data yang relative tetap , seperti data pribadi karyawan .

Dalam wawancara kami , program data yang digunakan oleh pemilik toko ini adalah database ms.exel , pada waktu mengalami kesalahan pengimputan harga barang , data tersebut masuk kedalam dump file yaitu file yang digunakan untuk pengamanan, mencatat tentang kegiatan peng-update-tan ,sekumpulan transaksi yang telah diproses atau sebuah program yang mengalami kekeliruan.

Keterangan wawancara :

Nama Toko : Sri Jember Rejeki ( SJR)

Alamat : Jl.Kedoya no 3A Rt3/ Rw 2 Pondok Cina Depok 16424

Telepon : (021) 98157164

Fax : (021) 7870957

Narasumber : Edah, Winda

Tanggal wawancara : 4 Oktober 2010

2 thoughts on “Wawancara toko SJR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s