Organisasi


Pasti kita pernah mendengar tentang oganisasi. Siapa sih yang tidak tahu tentang organisasi ? Dari kecil kita sudah diajarkan berorganisasi. Tapi jika kita ditanya apa itu definisi dari organisasi, apakah kita bisa menjawabnya ? Banyak yang tahu apa yang dimaksud dengan organisasi, tapi tak bisa menjelaskan definisinya. Jadi ketika mengerjakan tugas jadi bingung mau menjawab apa (haha). Untuk mereka yang tidak tahu,berikut ini adalah definisi organisasi menurut beberrapa ahli. Smoga membantu🙂

Definisi organisasi menurut para ahli :

  1. “Inti organisasi belajar adalah kemampuan organisasi untuk memanfaatkan kapasitas mental dari semua anggotanya guna menciptakan sejenis proses yang akan menyempurnakan organisasi” (Nancy Dixon, 1994).
  2. “Organisasi adalah  di mana orang-orangnya secara terus-menerus mengembangkan kapasitasnya guna menciptakan hasil yang benar-benar mereka inginkan, di mana pola pola berpikir baru dan berkembang dipupuk, di mana aspirasi kelompok diberi kebebasan, dan di mana orang-orang secara terus-menerus belajar mempelajari (learning to learn) sesuatu secara bersama” (Peter Senge, 1990).
  3. ”Organisasi belajar adalah organisasi yang mampu melaksanakan proses transformasi pengetahuan secara siklikal-berkelanjutan, dari pengetahuan pekerja sebagai hasil belajar mandiri menjadi pengetahuan organisasi sebagai hasil belajar organisasional, untuk menumbuh kembangkan modal organisasi”. (diana siregar, ITB).
  4. “Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama” (Stoner).
  5. “Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama” (James D. MooneyJames D. Mooney).
  6. “Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih” (Chester I. Bernard).
  7. “Organisasi adalah sebuah kesatuan yang terdiri dari sekelompok orang yang bertindak secara bersama-sama dalam rangka mencapai tujuan bersama” (Burkydan Perry, 1998).
  8. “Organisasi Belajar adalah organisasi dimana sekumpulan orang secara berkelanjutan mengembangkan kapasitas mereka untuk membuat hasil yang benar-benar mereka inginkan, dimana pola pikir yang baru dan telah diperluas kemudian dipelihara, dimana aspirasi kolektif dibebaskan, dan dimana semua orang secara berkelanjutan belajar untuk melihat secara keseluruhan bersama-sama” (Peter Senge).
  9. “Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan anatara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang amana terdapat seseorang/beberapa orang yang disebut atasan dan seseorang /sekelompok oranag yang disebut bawahan. (Prof. Dr. Sondang P. Siagian).
  10. “Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.” ( Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro).
  11. “Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama  dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya alat dan wadah saja.” (Drs. Malayu S.P Hasibuan).

Definisi dari yang ahli sudah, skarang giliran saya yang menyimpulkan🙂

Menurut pendapat saya organisasi itu adalah kumpulan antara dua orang atau lebih yang memiliki sistem perserikatan formal terstruktur yang berusaha mencapai tujuan bersama. Jika ada dua orang yang sedang bersama dan memiliki tujuan sama, apa itu di sebut organisasi ? menurut saya tidak, karena organisasi itu terstruktur, ada yang menjadi ketua dan ada yang menjadi anggota. Semua bekerja sama untuk mencapai tujuan. Biasanya dalam organisasi juga memiliki peraturan sehingga terciptanya suatu keadaan yang bersifat formal. Bukan sekedar mencapai tujuan bersama saja, di dalam suatu organisasi kita juga bisa belajar sesuatu yang tidak di dapatkan di sekolah. Sesuatu itu adalah soft Skill.

sumbersumber2

2 thoughts on “Organisasi

  1. Pingback: Pengertian Organisasi Serta Macam – Macamnya « Realita Kehidupan

  2. Pingback: Ciri, Unsur & Teori organisasi « Marinnrin's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s