kram usus


Sedikit berbeda dari post biasa yang berisi tugas, kali ini saya ingin share tentang pengalaman pribadi saat mengalami kram usus. Sebelumnya apa sih kram usus itu ? apa sudah ada yang tau ?

yak langsung aja ya ini hasil dari nyomot dari blog tentangga.

kram usus atau kolik

Kolik Abdomen adalah gangguan pada aliran normal isi usus sepanjang traktus intestinal (Nettina, 2001). Obstruksi terjadi ketika ada gangguan yang menyebabkan terhambatnya aliran isi usus ke depan tetapi peristaltiknya normal. Rasa sakit yang dialami jika terkena kolik adalah rasa sakit yang teramat sangat di daerah perut. Kolik bisa menjadi petunjuk terhadap suatu penyakit tergantung di posisi dimana kolik tersebut berasal.

dari kalimat di atas dah jelas ya kalau keram usus itu sakit, bener loh sakit banget.. ga bohong dah..

nyeri

trus sempet googling ternyata penyebabnya beraneka ragam, tapi untuk kasus saya karena pola makan yang ridak benar dan kebanyakan menekuk layaknya udang (menurut bibi saya), atau mungkin terjadi x , y dan o yang saya tak paham sehingga dari maag berujung ke kram usus. sensasinya luar biasa tak terlupakan.. di mana saya merasakan sakit setiap beberapa menit sekali sampai akhirnya sayang pingsan dan kaku =.=

kaku itu adalah bagian yang paling ga enak, karena tiba-tiba tangan ga bisa digerakin malahan gerak sendiri dan kaku ga bisa diatur.. kaki juga seperti mau diplintir ke dalam.. uughh  sakitnya di tambah sakit diperut benar-benar membuat saya tepar sehingga masuk ugd..

eetts sebelum ke ugd, tentu dilakukan penanganan pertama..

ya seperti kata blog tetangga

tubuh harus hangat

1. saya mengompres perut dan tangan saya dengan air panas yang dimasukan ke dalam botol lalu dibalut dengan handuk

2. minum air hangat

3. mandi air hangat (menurut blog tetangga) kebetulan yang ini tidak saya coba jadi tidak tau~ tapi mungkin benar dikompres saja sudah membuat keadaan lebih baik :)) apalagi berendem ya

4.selimutan biar hangat (menurut blog tetangga juga) saya tidak coba ini, tapi ini bukan ide yang buruk.. ini bisa membuat tubuh kita tetap hangat :D

pokoknya jika sakit tak kunjung hilang segera berobat! seperti yang saya lakukan!

waspadalah dengan kram!

oh ia mungkin penangan pertama ini juga cocok untuk kram perut

pokokknya para pembaca jagalah kesehatan, jaga pola makan :D

Leave a Reply

